Indeks Kepuasan Masyarakat Maret 2025

25-04-2025 Umum Dilihat 35 kali

BALAI PENGUJIAN PRODUK BIOLOGI RAIH INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT 88,95 PADA MARET 2025

Balai Pengujian Produk Biologi, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Hal ini tercermin dari hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) periode Maret 2025 yang mencatat skor sebesar 88,95 dengan kategori "Pelayanan Prima."

IKM ini diperoleh melalui penilaian terhadap sembilan unsur pelayanan, antara lain:

  • Persyaratan (U1): 86,67

  • Sistem, Mekanisme, dan Prosedur (U2): 86,67

  • Waktu Penyelesaian (U3): 80,58

  • Biaya/Tarif (U4): 93,33

  • Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan (U5): 90,00

  • Kompetensi Pelaksana (U6): 93,33

  • Perilaku Pelaksana (U7): 93,33

  • Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan (U8): 90,00

  • Sarana dan Prasarana (U9): 86,67

Dari sembilan indikator tersebut, unsur Biaya/Tarif, Kompetensi dan Perilaku Pelaksana mendapat nilai tertinggi yaitu 93,33, menunjukkan transparansi dan profesionalisme layanan yang tinggi. Sementara itu, unsur Waktu Penyelesaian (U3) menjadi fokus peningkatan ke depan dengan nilai 80,58.

Hasil ini menunjukkan bahwa masyarakat memberikan apresiasi tinggi terhadap pelayanan yang diberikan oleh Balai Pengujian Produk Biologi. Badan POM berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan demi mendukung perlindungan kesehatan masyarakat melalui pengujian produk biologi yang aman, bermutu, dan bermanfaat.

Sarana